Piala Dunia 1962, Battle of Santiago

Piala Dunia1962 diselenggarakan di Cile pada kurun waktu 30 Mei sampai 17 Juni 1962.Piala Dunia1962 adalah yang ketiga diadakan di benua Amerika Latin. Sebanyak 57 negara dari 6 benua bersaing di babak kualifikasi untuk memperebutkan 14 dari 16tiketke turnamen ini. Sisanya duatikettentu menjadi jatah tuan rumah dan juara bertahan, Brasil.Sebagai tuan rumah Cile ternyata hanya mampu menempatkan dirinya di posisi ketiga setelah kalah dari Brasil di semi final dengan skor 2-4. Pada perebutan juara ketiga, Cile berhadapan dengan Yugoslavia dan mampu memenangkan pertandingan melalui gol semata wayang Eladio Rojas di menit 90. Sebelumnya Yugoslavia dikalahkan oleh Cekoslovakia dengan skor 3-1.Pada partai final, Brasil menghadapi Cekoslovakia. Ketika itu Brasil menang dengan meyakinkan dengan skor 3-1. Tiga gol Brasil dicetak oleh Amarildo, Zito dan Vava. Sedangkan gol satu-satunya Cekoslovakia dicetak oleh Josef Masopust. Masopust merupakan mantan pelatih tim nasional Indonesia junior pada era 1980-an akhir sampai 1990-an akhir.Piala Dunia1962 mungkin dikenal oleh kebanyakan orang sebagaiPiala Duniayang paling kotor. Sebabnya, hubungan dan Italia memang sedang memanas. Sampai pada akhirnya terbawa di lapangan pertandingan. Bahkan tim nasional Italia harus dikawal ketat saat datang dan keluar lapangan. Tensi pertandingan memanas sejak awal pertandingan salah satu pemain Italia menendang pemain Cile Honorino Londo, kejadian itulah menyulut panasnya pertandingan tersebut. Pemandangan lapangan hijau seakan berubah menjadi arena gulat. Baku hantam antar pemain pun tak terhindarkan. Puncaknya adalah ketika pemain Italia menghajar salah satu pemain Cile dengan kaki yang dibalas pukulan yang mengakibatkan patahnya hidung pemain Italia Humberto Maschio. Anehnya tidak ada hukuman yang tegas untuk para pemain Cile, tapi hukuman hanya diberikan kepada pemain Italia. Wasit yang memimpin ketika itu pun dianggap tidak tegas dan memihak. Kemudian kejadian tersebut dikenal sebagai Battle of Santiago.
Tuan Rumah: Cile
Waktu: 30 Mei – 17 Juni 1962
Jumlah Peserta: 32
Juara Dunia: Brasil
Runner-up: Cekoslovakia
Posisi ketiga        : Cile
Posisi keempat        : Yugoslavia
Top Skor        : Garincha, Vava, Brasil. Leonel Sanchez, Chile. Drazan Jerkovic, Yugoslavia. Florian Albert, Hungaria. Valentin Ivanov, Uni Soviet (4)
Jumlah Pertandingan: 32
Total gol        : 89 (2,78/pertandingan)
Penonton: 899,074 (28,096/pertandingan)

1 komentar:

  1. padahal saat itu hungaria dipenuhi pemain top. sayang sekali hungaria gagal. saya mendukung hungaria sebenarnya. bagaimana dengan anda bung.

    BalasHapus